Pejabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, bersama Ketua DPRD Kabupaten Konawe Ardin menghadiri acara Pra Musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam kesempatan itu Harmin Ramba Menyampaikan beberapa program prioritas Kabupaten Konawe pada pembukaan Pra Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Hotel Azizah Kendari, Kamis (18/4/2024).

Pada musrenbang ini hadir Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto dan sejumlah Kepala Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tamu undangan lainnya.

Harmin Ramba mengatakan, dalam melaksanakan roda pemerintahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mempedomani 10 program prioritas yang tertuang pada peraturan daerah nomor 3 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Konawe tahun 2021-2026.

Diantaranya, digitalisasi Birokrasi, program ini adalah upaya Pemkab Konawe dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, efektif, inovatif dan akuntabel.
“Program ini selaras dengan prioritas pembangunan provinsi Sultra yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif,” terangnya.
Selanjutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) Tangguh, program ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan pengetahuan, keahlian dan perilaku yang unggul. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Ekonomi Mandiri, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan memperhatikan potensi daerah masing-masing.
“Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif Asahan Sehat,” bebernya.
Lanjut, Harmin Ramba program ini merupakan upaya menciptakan kondisi kabupaten Konawe yang bersih, nyaman, aman dan sehat. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas SDM.
Untuk Konawe Cerdas, H. Harmin Ramba mengatakan, program ini bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Konawe. Program ini juga selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas SDM.
Infrastruktur yang kuat, program infrastruktur kuat merupakan program Pemkab Konawe yang selaras dengan prioritas pembangunan Sultra yaitu optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.
Masih Harmin Ramba mengatakan, Konawe Religius, program ini bertujuan untuk membentuk jati diri masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Lingkungan Berbasis Partisipatif, program lingkungan berbasis partisipatif merupakan gerakan peduli terhadap lingkungan yang melibatkan masyarakat yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan hidup. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.
Sedangkan untuk Konawe Go Wisata, program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Konawe. Program ini juga selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif.
“Untuk itu, iklim investasi harus tercipta kondusif dengan upaya memberikan upah buruh yang kompetitif, ongkos angkut yang murah, dan harga dan sewa tanah yang murah bila dibandingkan Kabupaten lain,” ucapnya.
Menurutnya, hal-hal seperti ini mampu menaikkan daya saing Kabupaten Konawe dibandingkan Kabupaten lain. Untuk menjawab persoalan-persoalan di atas, penyusunan RKPD 2025 difokuskan pada empat isu utama.
Terakhir, Pj Bupati Konawe ini mengharapkan kolaborasi dan dukungan Pemerintah Provinsi Sultra untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Konawe Sejahtera yang Religius dan Berkarakter yang muaranya.
Visited 7 times, 1 visit(s) today

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *