Penjabat Bupati Konawe Harmin Ramba (HR) menghadiri acara panen padi perdana di desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (20/4/2024).

Dalam kesempatan itu Harmin Ramba didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Ferdinan Sapan, Pabung Konawe Letkol Inf Azwar Dinata, Kadis Pertanian Gunawan Samad dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Konawe memuji ketekunan para petani yang berada di desa Tawamelewe, meskipun di sebagian besar wilayah Kabupaten Konawe belum memasuki musim panen, namun para petani di Kecamatan Uepai, justru telah memulai panen padi lebih awal.

“Inilah yang kita katakan Kota Padi, dan ini sangat berharga apalagi berada di tengah-tengah kondisi saat ini, tentunya kami sangat mengapresiasi akan ketekunan Bapak-Ibu dalam menanam, merawat hingga panen hari ini,” ucap HR.

Mantan Camat Abuki ini berharap beras yang ditanam dan dihasilkan petani di kabupaten Konawe bisa diekspor sehingga harga jualnya bisa lebih baik.

“Dengan nilai jual yang tinggi, petani kita akan merasakan kesejahteraan,” ungkap Harmin Ramba.

Orang nomor 1 di kabupaten Konawe ini pun menyampaikan pemerintah saat ini sudah menyiapkan tim khusus di bidang pangan, tim ini bertugas memastikan tidak ada lagi lahan tidur, dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.

Lahan sekitar kurang lebih tiga ratus hektare yang ada akan digunakan untuk pabrik beras, kemudian produk beras inilah yang menjadi seperti pabrik tepung beras, pabrik pakan, pabrik pupuk, itu semua hasil dari produk beras

” inilah yang namanya disebut dengan hilirisasi industri sektor pertanian,” Pungkasnya.

Visited 8 times, 1 visit(s) today

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *