Menelisik wajah Kabupaten Konawe dimasa kepemimpinan Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE. MM.

Dr. H. Harmin Ramba, SE. MM., dilantik menjadi penjabat Bupati Konawe pada tanggal 29 September 2023 atau sekitar 6 bulan yang lalu.

Selama kurun waktu 1 semester Harmin Ramba telah menyelesaikan beberapa persoalan yang ada di Kabupaten Konawe.

Semua itu dilakukan dengan penuh keikhlasan apalagi beliau adalah sosok putra daerah yang lahir, tumbuh dan berkarir di Lumbung beras Sulawesi Tenggara tersebut.

Lalu apa saja yang Harmin Ramba kerjakan selama 6 bulan menjabat Pj Bupati Konawe.

1. Harmin Ramba melakukan penataan kota Unaaha sebagai jantung Kabupaten Konawe.

Penataan kota yang dimaksud dengan melakukan peremajaan pohon yang berada di sepanjang jalan dari gerbang kota Unaaha. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan keindahan atau estetik kota Unaaha dan yang paling penting rasa aman bagi pengguna jalan.

2. Harmin Ramba menuntaskan pembayaran kekurangan gaji PPPK Guru dan Nakes serta Gaji Perangkat desa selama kurang lebih 4 bulan.

Utang pemda kurun waktu 4 bulan kepada PPPK dan Perangkat desa langsung diselesaikan. Bagi Harmin Ramba tidak ada alasan pemda menunda pembayaran honor.

3. Selanjutnya Harmin Ramba menertibkan kendaraan dinas dan aset daerah yang disalahgunakan oleh oknum tertentu. Tercatat puluhan kendaraan tersebut diterbitkan dan saat ini terparkir di halaman kantor Bupati Konawe.

4. Awal tahun 2024 Harmin Ramba menginstruksikan agar gaji non ASN atau honorer dinaikkan.

5. Dari segi pelayanan kemasyarakatan, Harmin Ramba menjadi satu-satunya Bupati Konawe yang melakukan perjalanan hingga ke Pelosok desa di seluruh wilayah Kabupaten Konawe.

Hal ini tentu saja dilakukan Harmin Ramba untuk melihat, mendengarkan dan merasakan apa yang menjadi keluhan rakyatnya.

Dan benar saja salah satu Tokoh Kecamatan Latoma Hotma Tanggapili mengatakan sejak definitif 2003 hanya Harmin Ramba yang bermalam dan minum air di Latoma.

6. Dimasa kepemimpinan Harmin Ramba sengketa lahan di Kecamatan Routa, Tamesandi hingga Tawamelewe Kecamatan Uepai menuai titik temu.

Meski belum sepenuhnya tuntas namun tanggung jawab Pemda Konawe seperti di Routa dan Tawamelewe telah selesai. Sedangkan Tamesandi menjadi kewenangan BWS.

7. Harmin Ramba menjadi sosok pemersatu umat beragama di kabupaten Konawe. Desember 2023 lalu Harmin didampingi ketua DPRD Kabupaten Konawe Ardin mengunjungi beberapa gereja yang ada di kabupaten Konawe untuk bersilaturahmi dan memberikan bantuan.

Tak berhenti sampai disitu Kepala Kesbangpol Sultra ini juga memberikan perhatian yang sama kepada masyarakat Bali yang ada di kabupaten Konawe. Hingga Harmin Ramba diberikan tanda kehormatan adat Bali di salah satu Pura di desa Sendang Mulyasari.

Ramadhan tahun ini Harmin Ramba melakukan safari Ramadhan serta memberikan bantuan pembangunan masjid di beberapa wilayah di Konawe.

8. Bagaimana dengan jaringan nasional dan internasional. Harmin Ramba berhasil meyakinkan menteri pertanian untuk berkunjung ke Konawe.

Tak tanggung-tanggung Kabupaten Konawe kecipratan bantuan pertanian puluhan Miliar.

Kemudian di Kementerian Perikanan dan Kelautan Kabupaten Konawe dibawah komando Harmin Ramba berhasil mendapatkan bantuan 28 miliar untuk pembangunan kampung pesisir modern.

Selanjutnya dijaman Harmin Ramba Kabupaten Konawe berhasil mendapatkan kuota 3.289 PNS dan P3K. Angka ini dikonfirmasi oleh Kadis BKPSDM Konawe Suparjo tertinggi sejak 10 tahun yang lalu.

Harmin Ramba juga mendapatkan penghargaan sebagai Kepala daerah TOP BUMD AWARDS 2024 atau top pembina BUMD terbaik 2024.

9. Harmin Ramba menjadi tokoh yang merangkul semua organisasi adat, mahasiswa dan kepemudaan yang ada di Kabupaten Konawe.

Meski hanya sebatas Penjabat namun Harmin Ramba benar-benar mewakafkan dirinya untuk kemajuan dan perbaikan untuk daerah berjuluk kota padi.

Harmin Ramba bukan malaikat, Harmin Ramba bukan dewa namun Harmin Ramba adalah manusia biasa yang memiliki cita-cita menjadikan Kabupaten Konawe menjadi kabupaten yang maju berkembang dan sejahtera

Visited 25 times, 1 visit(s) today

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *